Powered By Blogger

Sehat Dengan Air Putih


Kebiasaan yang baik minum air putih


Assalammualaikum Warohmatullahhi Wabarokatuh

          Umumnya banyak sekali yang meminum air putih hanya untuk pelepas  dahaga saja jadi ketika kita merasa haus kita baru mencari air putih.Dan banyak yang tidak tahu manfaat dari pada air putih itu sendiri. 

Dunia semakin canggih tapi pengetahuan tentang kesehatan tubuh saja kita tidak tahu iyakan? Gunakanlah media sosial sebijak mungkin bukan hanya pekerjaan saja yang kita pikirkan namun kesehatan tubuh jauh lebih penting dari pada itu semua. 

Manusia menginginkan sehat dan bekerja lancar tapi meminum air putih seperlunya saja . Saat haus baru mencari air dan ada sedikit orang yang membawa air minum ketika bekerja mereka tidak menyadari bahwa pentingya bersama air putih.
     
Baik teman – teman kita hari ini membicarakan tentang kebiasaan pribadiku meminum air putih saya biasanya meminum air putih setelah bangun tidur yang saya minum itu air hangat kuku.

Kenapa saya lebih memilih untuk minum air hangat kuku karena disana banyak sekali manfaatnya dan salah satunya ialah ketika kita belajar mengaji dan kita sulit sekali untuk belajar tahsin dan makhrajnya nah maka dari itu air hangat kuku itu sangat membantu untuk membersihkan tenggorokan kita untuk melafalkan huruf – huruf hijaiyah tersebut.

Sejak saat itu saya terus meminum air hangat kuku dan bukan hanya bangun tidur saja terkadang saya menggunakan air putih itu ketika habis makan siang , dan makan sama teman – teman . Dan saat saya merasa pada hari ini dan hari esok saya belum meminum air putih saya merasa gelisah sekali .Dan rasa segar meminum air hangat kuku itu berbeda sekali. 

          Untuk air es saya sedikit takut untuk meminumnya apalagi minum es siang – siang waduh bisa sakit nantinya.Selama bulan puasah yang ditunggu – tunggu pasti meminum air iya bukan? Entah itu air es atau air teh, kopi , dan lain – lainnya.

Hampir semuanya meminum air es ketika berbuka padahal itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita .Seharian tidak makan lalu berbuka langsung minum es.

Seingat saya pribadi selama- lama bulan puasa saya selalu berbuka dengan air hangat kuku atau air teh. Alamdulilah puasa saya lancar – lancar saja dan ada banyak teman saya sakit dibulan puasah kemarin itupun saya tidak tahu bagaimana mereka menjaga kesehatan tubuhnya.

Air Putih Baik Untuk Kesehatan

Duluh waktu kakek saya masih hidup saya selalu berbuka bersamanya ini masa saya masih Smp .Dan saat berbuka kakek saya selalu meminum air teh ,Setelah itu berwuduh langsung shalat.

Disitu saya bingung sekali sedangkan saya masih sibuk meminum air es dan memakan makanan yang lainnya .Kakek pernah mengatakan makannya sedikit saja biar langsung shalat sesudah itu.

Pernah saya lakukan makan banyak habis berbuka lalu shalat yang terjadi kewalahan untuk shalat dan saya akhirnya malas shalat. Seperti itulah yang dijelaskan kakek saya sebelum beliau berpulang. Meminum air the hangat kuku lalu shalat magrib itu lebih baik untuk kesehatan shalat kita tetap terjaga dan kesehatan tubuh kita lancar – lancar saja .

          Dan meminum itu juga ada adabnya loh teman – teman jangan minum sambil berdiri seperti adab minumnya  Rasulullah Saw .Rasulullah Shalalallah hu alaihi wa salam  bersabda. 

“Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaah untuk memuntahkannya.”( Hr.Ahmad no 8135) nah dari penjelasan hadist diatas apa masih mau minum sambil berdiri? Jadi budayakan minumitu duduk dan jangan lupa baca doa . Dan untuk teman – teman yang tahu manfaat air putih ini tolong ingatkan dengan teman yang lainya entah itu keluarga atau guru atau paman , jika bekerjanya dari pagi bawaklah air minimal yah sebotol kecil saja .Tidak apa jika tidak air hangat kuku. Air biasa juga bisa menjaga kesehatan tubuh kita. Minum air putih juga   mampu membakar kalori untuk orang dewasa ialah meminum delapan gelas perhari . 

Tubuh kita sangat membutuhkan air untuk proses pembakalran kalori jika kita tidak minum secara teratur maka akan timbul dehidrasi . Penyakit yang timbul dalam manusia itu adalah ketika dia sudah focus kerja jangankan untuk makan minum saja dia malas , apalagi yang kerjanya tidak bawak minum , yah mau nayari – nyari duluh beli air putihnya itu yang ada dipikiran mereka dan tidak mau meninggalkan kerja walalupun hanya sebentar.Maka jika kita membiarkan itu semua akan memperlambat proses atau system kerja  metabolisme. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih .Dan jika anda adalah orang yang ketika bekerja itu tidak bisa diganggu gugat  pekerjaannya maka sediakanlah air disamping meja kerjamu jadi ketika kalian merasa tubuh sangat mebutuhkan air dengan sigap bisa langsung minum air putih tersebut.Saran dari saya jangan malas untuk membawa air ketika mau kerja supaya bisa bekerja dengan lancar dan bisa menjaga kesehatan tubuh.
siapkan dimeja kerja air putih

          Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita
1.Meningkatkan Kinerja Daya Otak dan Menyediakan Energi

          Salah – satu fungsi air adalah meningkatkan kekuatan otak. Seperti yang diketahui bahwa otak manusia terbuat dari 73persen air. Banyak – banyak mengkonsusmsi air dapat membuat kita lebih focus lagi dan lebih kosentrasi dengan pekerjaan , dan mudah untuk berfikir .

2.Membantu Mengeluarkan Toksin Dalam Tubuh

          Manfaat air putih akan membantu mengeluarkan toksin tersebut yang ketika kita habis makan dan minum beserta  membuang zat yang beresiko bagi kesehatan melalui keringat.

3.baik untuk kesehatan kulit

          Manfaat air selanjutnya dengan menjaga kesegaran kulit. Kulit tidak mudah kering atau mudah berkerut .dan juga membantu melembabkan kulit.

4.meningkatkan dan memperkuat system imun pada tubuh

          Imun berfungsi sebagai system kekebalan tubuh dengan banyak mengkonsumsi air maka akan memperkuat sitem imun.Air juga akan membawa oksigen ke sel –sel tubuh danair juga dapat membersikan racun berbahaya karena itu system kerja ginjal kita menjadi baik.

5. Mengurangi Rasa Lelah, Meningkatkan Mood dan Meredakan Sakit Kepalah

          Rasa lelah yang sering kita alami saat bekerja bisa jadi itu tanda – tanda kekurangan cairan dehidrasi . Manfaat air putih juga bisa meningkatkan mood seseorang jadi minum duluh biar gak salah paham.
air putih untuk kerja

Itulah teman – teman manfaat dari air putih jangan lupa sebelum kerja siapkan air putih terlebih dahulu karena itu baik untuk menjaga kesehatn tubuh kita. Siapa lagi yang akan mengingat kesehatan kita jika bukan diri kita sendiri.Sehat dengan minum air putih ada yang baru tahu ada juga yang sudah tahu bahwa air putih banyak sekali khasiat dan manfaatnya apalagi untuk kesehatan. Karena kita selalu menginginkan semoga sehat selalu dan lancar dalam aktivitas sehari – hari.
#BobeOneWeekNulis

         
         

Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia