I'dad Awwal

Jatuh cinta sama mereka

Terimakasih sudah berdiri kuat sampai akhir walaupun perpisahan sangat menyakitkan setidak nya kita pernah merasakan pahit manis perjuangan, hal yang terindah dalam hidup adalah jangan pernah menyerah dengan segala keadaan, yang namanya hidup pasti ada kegagalan dalam sewaktu - waktu. Doa kita untuk kalian dan mereka, semoga sukses di dunia dan akhirat aamiin dimanapun kalian berada nantinya.

Cerita kita yang belum usai 

Jangan lupakan bahwa di pagi hari sebelum terbitnya matahari dan  seketika udara segar menghampiri masih dalam  kondisi yang sama tidak lupa selalu menggunakan masker, tapi kita tidak pernah melupakan bahwa udara segar hanya bisa dihirup oleh orang - orang pejuang dan orang yang beriman seperti kita, dia, dan mereka. kita pernah berada di satu majlis untuk menuai ilmu dari ustad - ustazah Markazarabiyah yang sama dengan segala kesederhanaan yang dirasa. 

Ingatanku masih hangat tentang pagi itu  semua bersiap - siap menuju tempat yang sama senyum dan canda kalian masih ku ingat dibenakku. Kelas Ih'dad awwal adalah pilihanku dan mereka yang sedikit banyak masih bertahan ke tahap selanjutnya dan ada yang sudah pulang kerumah untuk menggapai cita - cita mereka. Di dalam kelas dengan segala keseruan yang ada selalu mengucapkan salam dan tidak pernah lupa membaca doa serta pertanyaan singkat tentang pelajaran hari itu. 

Setiap pembelajaran selalu ada game supaya pelajaran tidak terlalu menoton game yang selalu di gunakan biasanya Nurok kizu seperti ini ada gerakan tepuk tangan dan menyebutkan nama kita dan teman kita syaratnya tidak boleh menyebutkan teman yang bersampingan dengan kita. Setiap pagi biasanya selalu diuji tentang hafalan mufrodat dan takbirat sehingga hafalan yang sudah di gunakan tidak hilang begitu saja. Di dalam kelas Ihdad awwal selalu ada moment untuk belajar di luar kelas bersama ustad Zeid sebagai wali kelas terbaik dan ustad Zeid juga asyik banget cara mengajar nya juga tidak membosankan. 

Ustad - ustazah Markazarabiyah

 Sebelum pembelajaran dimulai selalu memberi motivasi untuk semangat belajar bahasa arab, juga memberikan game semangat pagi, tidak lupa menanyakan kabar di setiap siswa - siswi, ustad - ustazah yang masyaallah banget sabar dalam mengajar. Pembelajaran di mulai dengan doa dan diakhiri dengan doa penutup majlis. Disini sangat disiplin tidak ada kata terlambat ustad - ustazah juga tidak pernah telat, seringkali di suatu lembaga kita menemukan faktanya bahwa hanya siswa - siswi saja yang harus disiplin sedangkan guru - guru nya masih banyak yang terlambat, itu semua tidak berlaku di Markazarabiyah semua nya sama dan harus tepat waktu setiap hari. 

Wah keren banget kan ya bisa melatih mental dan juga kediplinan disini bukan hanya bersama siswa -siswi tapi juga ustad - ustazahnya, dan setiap yang terlambat pasti ada konsekuesinya. di dalam keseharian bahasa juga diterapkan jika tidak berbahasa akan ada catatan khusus buat yang melanggar peraturan. Jadwal belajar hanya sampai zuhur setelah itu shalat dan istirahat tidak lupa setiap sore selalu ada ujian untuk melatih pelajaran setiap harinya.

Keseruan di taman matahari 

Hanya berlaku di hari libur, bahkan belajar di luar saja juag permainan game tidak pernah lupa sambil makan bersama serta setoran hafalan dengan keindahan bunga matahari yang baru mekar ditambah rujak yang menggiurkan. di setiap tempat selalu ada bagian untuk dokumentasi maklum pertemuan singkat perlu sekali di abadikan buat kenang- kenangan. Sebelumnya di dalam kelas toleransinya sangat kuat saling menghargai satu sama lain walaupunada yang lebih tua sekalipun ada yang lebih kecil dari kita. Saling mendoakan yang terbaik karena disini kita sama - sama punya niat baik untuk menggapai cita - cita. Mereka sangat kocak gak bisa digambarkan setiap moment tertentu baik di kelas maupun di luar dan mereka juga sangat kompak. 

Kalian mesti ingat di tengah - tengah pembelajaran ada saja siswa yang melontarkan pantun dengan spontan sehingga kita tidak bisa menahan tawa karena keseruan itu, dan itu semua hanya berlaku di kelas ihdad awwal, mereka sangat pintar dan kreatif sebisa mereka agar mendinginkan suasana dalam belajar, kondisi kelas tidak begitu mewah tapi kehadiran kalian di dalamnya membuat tempat itu menjadi sangat istimewah. walaupun hanya satu bulan ini terkesan sangat sebentar bersama kalian menjadi sangat berkesan bagaimana tidak setiap hari dalam suka dan duka kalian masih mampu berdiri tetap semangat belajar dan bercanda ria seakan - akan tidak ada masalah sama sekali. Kalian orang hebat yang pernah ditemui semoga bisa belajar bersama lagi dan mengulang moment yang sama.  

Moment Foto Studio

Belum tahu ya? bahwa Ihdad awwal ada dua kelas saat foto studio kami seperti saling kenal nya sudah lama sehingga tidak ada perbedaan antara kelas a dan b semuanya sama. Ihdad awwal bulan ini berjumlah 40 siswa sehingga tempat foto berasa sempit hehe kebayang gak sih? di tempat studio berisi puluhan siswa sehingga Photography lumayan kewalahan menempatkan posisinya. Setelah bermacam- macam melakukan foto tentu kita melanjutkan membuat video bersama sebagai kenangan. tidak lupa bahwa hari itu kita semua menggunakan drescode dari markazarabiyah. dan tidak ada drescode yang lain hanya satu supaya tidka teralalu ribet gantinya.

Terimakasih loh untuk satu bulan ini karena selalu bersama tidak ada hal yang membuat kita memilih dalam berteman karena semuanya sama, dan yang lebih seru lagi di dalam ujian ada soal dimana kita harus menghafal satu persatu nama teman - teman kita satu kelas, nama di hafalkan dari foto yang sudah di cetak, ada untungnya juga ya hehe foto studi selain dari mempererat silaturahmi kami juga menghafal nama - nama teman sekelas. Dan ini sangat penting sekali supaya jika berpisah tidak ada yang saling melupakan.

Moment Di Kebun Bibit

Disini selain makan bersama teman - teman dan ustad kami juga menyiapkan yel - yel untuk persiapan Liqo' usbui dan juga mempersiapkan siapa saja yang bertugas masing - masing sudah dipersiapkan ada mc, ceramah, puisi, tilawah, dan juga drama. Oh iya hampir lupa jarak kebun bibit dari asrama ke sana menempuh perjalanan sejauh 5 km, masyaallah pada hari itu semua dari kita lumayan kelelahan kwkwk jauh banget ternyata, tidak lupa keluar selalu menjaga protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan juga menjaga jarak.

Setelah selesai makan bersama dan juga persiapan untuk Liqo'usbui kita semua foto bersama setelah itu pulang beriringan menggunakan sepeda, ini adalah moment yang terseru walaupun perjalanan sangat jauh tapi mengayun sepeda bersama kalian lelah terasa berkurang hehe. Jangan pernah melupakan keseruan selama satu bulan ini orang - orang baik. Setelah semua nya dipersiapkan sayangnya satu Indonesia pun tahu bahwa kita semua sedang berduka masih di landa covid dan demi keamanan dan kesehatan kita bersama dan semuanya sehingga Liqo' usbui di tiadakan, bukan  hanya itu Hafla wadah juga ditiadakan. 

Dan ini yang pertama kalinya hafla wadah di tiadakan hehe ini bukan kita yang sial atau apa tapi memang seluruh tanah air sedang di landa virus yang entah kapan akan pergi. Berdoa saja semoga bumi lekas membaik seperti biasanya sehingga langkah kita tidak dibatasi. Kalian orang hebat dari generasi mudah ada yang hanya rebahan muluh tapi kita semua adalah orang - orang pilihan yang diberikan kesempatan untuk belajar bersama. Sangat bersyukur dengan kondisi yang seperti ini kita semua masih diberikan kesempatan untuk belajar bersama dari kota dan Provinsi yang berbeda - beda.


 

Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia