Powered By Blogger

Aransemen Lagu Markazarabiyah

Markazarabiyah

Selain dari pada menyediakan beberapa program belajar bahasa Arab di Markaz Arabiyah,  juga ada banyak kegiatannya seperti lomba-lomba dan kegiatan asrama. Salah satu nya yaitu: Aransemen lagu Bahasa arab, bisa diartikan dengan  menterjemahkan lagu Indonesia ke dalam bahasa Arab.

Berdasarkan pengalaman yang sering di dapatkan dari kita semua aku khususnya lebih mudah mengingat bahasa Arab lewat lagu tersebut dan juga memudahkan kita untuk belajar. Dari berbagai informasi yang didapatkan mendengar kan musik bisa menghilangkan setres dan membuat hati sedikit tenang karena alunan lagunya.

Adapun Fungsi dari pada Aransemen lagu ini: 

1. Kreatif 

Santri dituntut untuk berpikir kreatif dan bebas berkreasi namun, masih dalam konteks islami sesuai dengan marwah kita sebagai seorang pelajar bahasa Arab, bahasanya Surga. Selain dari pada itu membantu kita untuk lebih banyak mengenal dari pada teman satu kelas. Seperti mempererat silaturahmi dimana di dalam kelas biasanya terdapat santri yang tidak suka bicara dan disana kita juga bisa melatih diri sebagai seorang pelajar yang cinta sosialisasi.

2. Keberanian 

Walaupun bukan diciptakan dari kita lagu aslinya, dengan menterjemahkan lagu tersebut kita sudah memiliki keberanian untuk mengekspresikan diri, bisa dengan santai merelaksasi pikiran kita dari banyak nya tugas. Juga mendorong santri untuk perkembangan kreativitas  bahwa kita berhak memiliki karya yang tidak mesti harus sama. Dan karya yang sudah kita buat akan menjadi kenangan ketika kita selesai belajar di Markaz-Arabiyah.

3. Memberikan Energi Positif

Bagaimana tidak? Bukan hanya anak kecil yang suka musik, ketika belajar sebenarnya sebagai seorang pelajar Tingkat atas juga begitu, apalagi belajar bahasa arab dengan menterjemahkan lagu Indonesia ke arab itu sudah menyebarkan energi positif bahwa belajar bahasa Arab itu tidak sesulit yang dibayangkan. Kita semua bisa belajar melalui lagu tersebut sembari istirahat. Jujur saja saya pribadi suka sekali belajar via musik karena lebih mudah memahami nya terbawa alunan nada.

Di Markazarabiyah Pare Kediri ini terdapat kursus bahasa Arab dan sudah lumayan banyak santri yang belajar disini walaupun Markazarabiyah baru berdiri 3 tahun lamanya. Namun Markazarabiyah perkembangannya pesat sudah banyak memberangkatkan pelajar Markaz Arabiyah ke Mesir, Turki, yaman, dan lain-lain. 

Punya kesulitan dalam belajar bahasa Arab? Ayok kunjungi Markaz-Arabiyah dengan cara follow Instagram @markazarabiyah segala informasi ada disana.  Di Markazarabiyah setiap 3 bulan sekali ada lomba Aransement lagu, menterjemahkan lagu Bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab. Lomba ini di nilai dari masing-masing kelas dan kebetulan di sini ada banyak kelas seperti I'dad awwal, I'dad Tsani, Akbarnas, Syarqi, Takhosus awwal, Minha mesir, Makro, Minha Turkey, dan juga ada program Online loh. 

Untuk mempersiapkan lomba Aransement lagu tersebut pelajar diberi waktu dua minggu dimulai dari seperti membuat schedule bagaimana alur ceritanya,  rekaman, pengambilan video, siapa yang menjadi vokalis pertama dan kedua, lokasi nya juga harus di tentukan, baju harus sama atau tidak, kira-kira seperti itulah gambaran nya. Karena belajar tetap berlangsung tidak ada libur sama sekali jadi biasanya kami menyempatkan sebelum ujian di sore hari atau setelah ujian, bisa juga dimalam hari untuk membuat video tersebut. 

Dan setelah deadline selesai lomba Aransement lagu ini ada dua penilaian yang pertama dari dewan juri, dan yang kedua dari Versi Netizen. Setelah menguras waktu dan pikiran, akhirnya selesai video dikumpulkan pada bagian lajnah kalau di SMA negeri itu namanya OSIS.

Dan bulan lalu Alhamdulillah yang juara 1 dari kelas Akbarnas menurut penilaian Dewan juri sedangkan Versi Netizen adalah dari kelas I'dad Tsani Alhamdulillah. Benar saja setelah selesai membuat Aransement lagu tersebut benar-benar merasa banget kekeluargaan nya. 

Sekian




Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia