Powered By Blogger

24 Jam Berbicara Bahasa Arab Di Markazarabiyah

Santri Duf'ah 40 Markazarabiyah

Ingin belajar bahasa arab?  supaya lancar bicara nya serta selalu menggunakan kosa kata selama ini yang telah di pelajari. Kadang kita suka bingung sudah banyak menghafal kosa kata bahasa Arab tapi tidak tahu bagaimana menggunakan nya. 

Mahir mufrodat dan banyak hafalan juga sangat membantu untuk berbicara bahasa Arab namun, bukan hanya itu kita juga butuh lingkungan yang juga mendukung, seperti komunitas bahasa Arab baik online ataupun offline. Dan juga lembaga yang ada di Kampung Arab yakni Markazarabiyah menjadi rekomendasi sekali bagi kalian yang pemula ingin lancar berbicara bahasa Arab.

Beberapa hal penting perlu di perhatikan saat ingin memulai berbicara bahasa Arab khususnya pemula. 

1. Niat adalah hal yang paling penting bisa mengawali nya sebelum aktivitas berlangsung, niat tidak perlu di ucapkan cukup di dalam hati dan untuk melakukan sesuatu tindakan semata-mata karena Allah. Niat tanpa usaha sama saja dengan omong kosong. Ketika kita melakukan sesuatu harus di sertakan dengan niat.

2. Melatih lisan dengan membaca
Membaca apa? Tentunya membaca tulisan arab yang sudah kita pelajari karena dengan membaca lisan kita akan terbiasa berbicara arab,  dengan begitu akan sangat mudah membantu memurojaahkan hafalan.

3. Keluar dari zona nyaman
Sebagian dari kalian pasti sangat susah untuk beradaptasi dengan hal yang baru, karena sudah terbiasa dengan hal di sekitar namun, tidak memiliki perubahan sama sekali, hanya bikin nyaman tapi tidak bisa menggapai cita-cita. Seseorang yang berkeinginan kuat harus bisa menerima perubahan sekecil apapun atau bahkan lebih besar dari hal yang kita duga. 
Semisal demi belajar bahasa kira harus jauh dari orangtua, harus jauh dari teman-teman, dan jauh juga dari keluarga. Intinya belajar memang butuh perjuangan

4. Membuktikan sendiri
    Berbicara bahasa Arab adalah hal yang sedikit rumit tapi menyenangkan ketika sudah bisa, sebelum menentukan belajar bahasa Arab dimana dan bingung memilih lembaga, ada baiknya untuk survey terlebih dahulu seperti langsung terjun ke lokasi untuk membuktikan sendiri apakah lembaga tersebut selalu menggunakan bahasa Arab setiap hari atau hanya ketika belajar saja, ingat, jangan tertipu ya. 

5. Lingkungan 
     Lingkungan yang  mendukung untuk bisa berbicara bahasa Arab, ketika kalian telah memilih lembaga mana yang cocok untuk di tempati, carilah teman yang komunikasi nya selalu menggunakan bahasa Arab, karena bisa  membantu untuk kedepannya. Karena tidak cukup jika hanya mengandalkan diri sendiri saja walaupun kita punya niat yang kuat, namun kita juga harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi komunikasi yang baik kepada teman-teman.

6. Percaya diri
     Sangat penting diketahui oleh pemula, karena sikap percaya diri ini adalah bagian dari kesuksesan, jika kita tidak percaya diri maka tidak akan ada perkembangan untuk usaha yang kita jalani. Percaya diri saja dalam berbicara bahasa Arab, salah pun tidak apa-apa karena ketika kita salah akan langsung di tegur di tempat. Akan tetapi ketika kamu memilih lembaga yang cocok dan tepat  untuk kemahiran berbicara bahasa Arab.

Di Markazarabiyah Minggu pertama menggunakan bahasa Arab dari bangun tidur sampai sesudah magrib, Minggu kedua menggunakan bahasa Arab dari bangun tidur sampai setelah isya, Minggu ketiga dari bangun tidur sampai jam 09:00.

 Markazarabiyah selalu menerima bagi pemula yang ingin mahir dalam berbicara bahasa arab, dengan lingkungan yang mendukung, metode belajar yang tidak perlu diragukan lagi, serta peraturan yang juga mendukung. 


Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia