Pertama kali kemah

Bismillahirrahmanirrahim
Bapak Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Mengikuti kemah pertama kali kegiatan Universitas

Alhamdulilah ternyata Allah swt memberikan saya kesempatan untuk mengikuti kegiatan kemah universitas, ini adalah sejarah pertama kali saya kemah. Karena dari kecil dari saya menempuh dunia pendidikan dari SD  sampai SMA orangtua tidak pernah mengizinkan saya untuk ikut pramuka apalagi harus kemah.

Orangtua saya pernah mengatakan bahwa kemah itu makannya tidak beraturan, mandi gak ada air, banyak macam - macam penyakit dan tidak banyak orang di perkemahan apalagi harus kemah di dalam hutan belantara. Jadi dari sanalah orangtua saya melarang untuk ikut kemah. Dari sana saya tidak pernah ikut kemah.

Dan saat ini saya sangat bersyukur bisa ikut kegiatan gratis ini, tapi saya tak pernah menyesali hari kemaren, karena orangtua tidak pernah merestui ikut kemah. Kali ini saya tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata walaupun dalam keadaan sakit, saya tetap ikut karena penasaran yang tinggi dan ini pengalaman tidak dapat di beli pikirku.
Bendum kompaq

Alhamdulilah meskipun dalam keadaan sakit kita tetap happy dan yang pastinya banyak pelajaran yang bisa di ambil dari pelajaran kemarin. Untuk itu persiapan kemah saya siapkan matang-matang biar kegelagapan.

Posisinya saya sebagai peserta sekaligus panitia, tentunya saya lebih ke peserta hehe karena ingin menikmati betul bagaimana proses perkemahan dari awal sampai akhir.
Nah buat teman-teman yang sama sekali belum pernah ikut perkemahan yukkkk simak apa - apa aja sih yang harus di persiapkan sebelum berangkat kemah :
Ukm Kompaq 

1. Ransel
Gunakan ransel yang ringan, awet dan anti air. Karena pada saat kemah berlanjut bisa jadi hujan turun sangat deras mengakibatkan tenda harus bocor.

2. Pakaian
Persiapakan barang sebelum kemah gunakan pakaian yang banyak kantongnya, sebab saat penjelajah atau hiking berlangsung, pastinya perbekalan yang di bawahnya cukup banyak.

3. Jaket
Gunakan jaket tebal agar terhindar dari dinginnya malam.

4. Alat shalat ( Pakaian ibadah)
Walaupun dalam keadaan yang sangat sibuk jangan pernah tinggal kan kewajiban kita untuk shalat.
Untuk yang perempuan bawak : mukenah dan sejadah dan untuk laki-laki bawak sejadah dan peci ditambah pakaian muslim, karena mengahadapi Allah itu harus rapi dan bersih.

5. Selimut
Berfungsi juga untuk mengatasi dingin nya malam.

6. Pakaian Cadangan
Berfungsi untuk mengantisipasi jika ada pakaian yang musuh atau basah.

7. Peralatan Mandi
Yang harus di bawah gayung, pasta gigi, sikat gigi, sabun mandi, handuk.

8. Peralatan Masak
Ada baiknyo gunakan kompor paraffin.

9. Sepatu
Gunakan sepatu mid Cut dan higt cut ini adalah jenis sepatu yang melindungi dan menutupi sampai mata kaki.

10. Kaos kaki
Berfungsi untuk melindungi kaki dari gesekan sepatu, apalagi kalau muslimah haru punya banyak stok kaos kaki.

11. Sarung tangan
Di gunakan untuk pelindung di malam hari.

12. Topi
Gunakan topi cowboy Saat cuaca panas bentuk topi ini melingkar dan lebar jadi cocok untuk melindungi ketika panas terik matahari.

13. Senter
Gunakan senter yang pakai baterainya kalau bisa, sebab susah jika harus cari listrik di hutan belantara itu, berfungsi untuk penerangan malam berguna juga isyarat atau morse. Selain itu bawakan lilin untuk persiapan rusak nya senter.

14. Peluit
Juga berfungsi sebagai isyarat atau morse, sebagai pelengkap pakaian pramuka juga.

15. Korek Api
Digunakan untuk sumber api yang paling cepat.

16. Ponco
Selain digunakan untuk jas hujan juga berfungsi untuk membuat tenda darurat,
Atau bivak.

17. Obat-Obatan
Bawalah obat sesuai dengan jenis penyakit yang sering kambuh.

18. P3K
Pertolongan pertama pada luka untuk mengantisipasi cidera.

19. Peralatan kemah kelompok
Bawak alat yang sudah ditemukan oleh ketua kelompok kepada kita.

20. Jarum dan Benang
Terkadang saat melakukan aktivitas pakaian yang kita gunakan sobek.

21. Umum
Bawak obat minyak kayu putih, antangin, botol minuman.

Di atas adalah alat persiapan sebelum kemah, buat teman-teman yang ingin kemah siapkan duluh.
Penyematan idcard

Sukseskan Perkemahan Pimpinan Ormawa dan UKM Universitas Muhammadiyah Bengkulu  dengan tema:

 "Meningkatkan Capasity Building Pimpinan UKM dan Ormawa Universitas Muhammadiyah Bengkulu"

Untuk acara pagi Sabtu ini dihadiri bapak Rektor dan wakil rektor serta pembina UKM yang lainnya. Serta peserta dan panitia, harapan wakil rektor 3 semoga kedepannya kegiatan kemah ini berjalan terus, dan bisa diganti untuk panitia selanjutnya.

Penyampaian dari Rektor UMB sekaligus membuka acara secara resmi, alhamdulilah acara sudah di buka oleh pak Rektor umb, setelah itu materi berlangsung. Saatnya siang ishoma lanjut materi sampai sore.
Pengajian

Pengajian dan pembenaran membaca alquran, tiba saat habis magrib yang di pimpin langsung mahasiswa dari ukm Kompaq ( komunitas mahasiswa pencinta alquran). Lanjut materi ibadah dan tauhid sampai selesai. 

Tiba waktu yang ditunggu-tunggu masing-masing perkelompok membuat yel-yel dan pentas seni, lalu kita semua menampilkan di hadapan api unggun yang sedikit menghabiskan tubuh yang kedinginan karena angin malam itu.

Keesokan harinya sebelum heking di mulai kita senam bersama dahulu lalu makan dan melanjutkan hiking, didalam perjalanan hiking banyak sekali pelajaran yang dapat saya ambil banyak hikmah dari hiking tersebut dapat ilmu baru juga alhamdulilah. 
Makan bersama

Saran saya sebelum hiking bawah kan autan agar terhindar dari nyamuk, tahu kan kalau dalam hutan yang belantara itu nyamuk ya kayak nyerbu gitu, dan itu juga yang membuat kita tidak fokus untuk hiking, dan itu termasuk salah satu gangguan untuk hiking, apalagi kalau saya untuk hiking pertama kali benar-benar ingin dinikmati hehe.

Setelah mengahadapi bermacam-macam rintangan akhirnya hiking pun selesai. Dan tiba lah untuk ishoma ( istirahat shalat makan ) lalu penutupan sekaligus pembagian hadiah. Kemah pun selesai jika ditanya tentang pengalaman wahhh jangan ditanya lagi ya udah pasti banyak banget yang tak ternilai, apalagi harus ketemu dengan orang - orang hebat seperti mereka. Kebetulan kemah ini adalah kemah seluruh pimpinan ukm dan ormawa Se- umb . 
Hiking

Dan ini yang ngadekan nya bapak Rektor langsung gratis juga dapat materi dapat teman baru wawasan yang luas, terutama teman yang bertambah.

Sekian semoga bermanfaat

Sebelum tulisan ini di publish di blog hari ini saya udah menulis dari jam 3 subuh tadi sampai jam 6 pagi tinggal masukan poto lalu post eh tiba-tiba hp erroor dan tulisannya hilang, kebayang kan gimana rasa kesal saya sedih saya, tapi alhamdulilah akhirnya dengan sabar saya terus-terusan mengulangi untuk menulis ulang dan pada akhirnya tulisannya selesai juga alhamdulilah yah walaupun kosa kata nya tidak sebagus dari subuh tadi. Hanya berbagi cerita jangan pernah menyerah, semangat terus pantang mundur sebelum berhasil.
Penutupan kemah

Boleh kepoin ig kita ya kak

5 komentar

  1. Wah, pasti sangat menyenangkan... Jadi ingat masa-masa kuliah pas kemah dulu, emang seruuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata mbak pernah kemah toh. Aku mah baru kali ini heheh. Emang seru banget mbak

      Hapus
  2. Jadi ingat KBS waktu jadi maba😚

    BalasHapus
  3. Keren, lain kali keseruan ny akan ditambah, terutama di bagian halang rintang nya akan dibuat lebih menantang lagi, hee

    BalasHapus

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia