Berbuat Baik Dilandasi Iman

Berhenti Memuji Diri Sendiri


@retisuryani
Kau bisa memulai nya dari hal yang kecil sering kali diri kita, ingin dipuji karena pintar, hebat, cerdas, cantik, baik, semua yang dilakukan di dunia ini hanya bersifat sementara untuk itu jangan bangga karena diri kita masih banyak kekurangan. 

Ingin dipuji karena kehebatannya? Ingin dilihat orang karena kebaikannya, Ingat, masih ada yg lebih baik dari kita dan kita hanya makhluk yg hina, saat kau menyadari bahwa masih banyak orang yg lebih baik dan hebat dari diri kita. 

Seharusnya berhenti memposting diri yang paling hebat bahkan banyak dari kalangan kita sehabis memposting ingin menunjukkan bahwa diri kita yang paling hebat. Setelah ditelusuri bukan menambah kan nikmat tapi malah menimbulkan bencana, timbulnya sifat riya'. 

Yang semestinya dipuji yang menciptakan langit dan bumi, manakala sifat riya' membutahkan hatimu dan menutup matamu. Berhenti mencari celah ingin dipuji, karena semakin tinggi ilmu seseorang semakin sederhana penampilan nya.

Penampilan bukan dilihat dari pakaianya saja tapi juga dilihat dari tingkah lakunya. Jika benar kau orang hebat kau akan menjadi manusia hebat yg dilandasi Iman. Berbuat baiklah dengan perkara iman sehingga kau tidak akan tersesat.

Hati-hati dengan sifat riya' ingin sekali menunjukkan kehebatannya lewat media, lewat apa saja yang membuat hatimu menjadi sombong dan ingin tampil lebih hebat dari teman-teman mu itu adalah salah -satu bagian dari pada sifat riya'. 

Jika kalian tidak mengetahui bentuk riya'itu seperti apa ? Ketika mendengarkan nasehat kau menutup  hati dan mata. Percayalah jika benar kau orang yang hebat maka kau akan dikenal dengan caramu sendiri. 

Jika benar kau orang baik tak perlu orang lain mengetahui dari lisanmu sendiri sehingga berkesan kau selalu memanggang bangga kan diri. 

Berbuat baiklah dengan iman. Cukup diam nikmati saja kehidupanmu jangan berlebihan. Jangan memancing kalimat di media sosial sehingga kau mendapatkan pujian, jika banyak orang yang mengagumimu karena kebaikan mu katakan  saja alhamdulilah setiap kalimat yang hadir memujimu.

Sehingga kau menjadi manusia yang rendah hati.

6 komentar

  1. Pujian adalah hadiah di dunia
    Kembalikan pada niat, semoga amaliah kita mendapatkan balasan dunia akhirt

    😍terus berkarya

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. luar biasa kk iman emang sulit digapai

    BalasHapus
  4. Sudah menjadi sifat mannusia yang selalu ingin dipuji. Tinggal bagaimana cara kita mengelola rasa ingin dipuji tersebut. Ya kalo dipuji jangan terbang ketinggian, ntar jatoh :D

    BalasHapus

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia