Cara Mendesign kartun Muslimah Dengan Aplikasi Medibang Paint


Design Kartun Part I Teknik Dasar




Di tengah pandemi seperti ini saya selalu mencari cara untuk mendapatkan ilmu baru dan bagaimana caranya, selama dirumah, waktu itu bulan puasah alhamdulilah selalu stay dirumah selalu mencari informasi-informasi baik melewati youtube, ig, fb, wa, google, dan sebagainya. Tidak tahu kenapa saya sangat tertarik ingin menggambar kartun muslimah selain dari unik indah dilihat dan rasanya tuh wah banget, kalau melihat gambar teman-teman di instagram feednya rasa beruntung aja sih bisa diberikan kelebihan seperti itu.

Ternyata menggambar itu enggak mesti kita harus punya bakat dari lahir kita bisa memulai menggambar dari aplikasi yang fiturnya ada untuk design seperti Aplikasi Medibang  aplikasi ini bisa  download di playstore namun apk ini juga termasuk berat di hp yang memorinya hanya sedikit ada baiknya kalau memang ingin mencoba design hapus saja foto dan video yang tidak penting di hp atau apk yang tidak terlalu bermanfaat.

Kenapa saya memilih untuk design kartun karena selain dari gambarannya unik saya juga bisa berdakwah melalu kartun yang sudah digambarkan seperti kartun yang pakaiannya menutupi aurat dan jilbabnya lumayan panjang atau kartun itu memakai kaos kaki dan sebagainya banyak yang perlu di gambarkan untuk dakwah melalui kartun.


Teman-teman hayuk belajar dan pahami design kartun muslimah part 1 ini sya berikan gratid tips-tips mendesign kartun ini karena duluh saya mau ikut menggambar ini tidak gratis hehe untuk mendapatkan materinya saya harus membayar registrasi, memang bermakna banget menurut saya kenapa kita harus bayar karena supaya kita konsisten dari aawal buat design, karena menurut pengalaman saya pribadi, awalnya lumayan sulit untuk menggambar terus saya ingat karena saya sudah bayar mahal dalam belajar ini jadi, saya harus semangat karena kalau mau bagus tidak ada yang ekstra harus butuh proses terlebi dahulu. Ingin tahu dan harus sabar dan konsisten dengan apa yang kita pilih. 


Teknik dasarcara membuat garis dan pemasukan warna di Medibang Paint

 yang perlu di pelajari:

1. Download aplikasi Medibang

ketika sudah di download please jangan kacangi atau angguri aplikasi tersebut betulkan duluh niatnya ingin menggambar atau hanya ingin sekedar tahu. Walaupun tidak terlalu penting bagi kalian dalam menggambar kartun muslimah setidaknya kalian mendapatkan ilmunya, jika suatu saat orang terdekat anda membutuhkan nya.

2. Log- In 

Daftar terlebih dahulu ingat jangan langsung menggambar daftar terlebih dahulu bisa melalui email atau facebook setelah itu gunakan foto profil agar lebih memudahkan mendapakan fitur-fitur yang lain itu fungsi login di Medibang.

3. New Canvas

Setelah login dibawahnya ada banyak pilihan lembar kerja yang akan di gunakan ada New canvas, frevivus, my gallery, submit a work, everyone's art, other. Nah jika kalian sudah menemukan beberapa pilihan tersebut silakan untuk membuka New Canvas dan atur Canvas Size 

Width 1024px, Height 1024px, ingat ya pilih px bukan cm, Dpi 350 setelah semua diatur silakan tekan tombol Create

4. Tampilan awal kerja di Medibang Paint

Karena kita membuat kartun muslimah maka, yang pertama kita akan memasukan gambar aslinya terlebih dahulu dengan cara mengklik tombol dibawah save ada gambar doeble lalu untuk menambahkan gambar kalian klik tanda tambah atau tanda + lalu Select an image to add setelah kebuka dan pilih foto di gallery hp lanjut dengan mengatur Angle D Degree ini bisa dikosongkan menurut keperluan saja,   Magnification 169% minimal, setelah itu kalian bisa klik Set. setelah itu ada pilihan antara yes dan no jadi kalian harus pilih no.

5. Menggambar garis 

Untuk menggambar garis layer 2 harus dibawah layer 1 maka kita pindahkan terlebih dahulu dengan cara mengklik tombol yang ada disamping kunci tombol panah ke bawah, maka dia pindah ke bawah ya layar 1 sudah di atas dan coursor kita pindahkan ke layar 1 dengan mengklik tombol layar 1 agar nanti kita bisa menggambar garis selanjutnya klik gambar seperti segi empat di bawah tombol seperti kunci kita kembali ke lembar kerja, untuk memperbesar dan memperkecil gambar bisa di gunakan dengan dua jari bisa di gunakan dengan jempol atau telunjuk dengan cara bersamaan, pilih senyaman kalian bisa menggambar dengan nyaman bisa di perbesar atau di perkecil nah untuk membuat garis klik tombol seperti kuas cat di bawah save lanjut ke no 6.

6. Pilih Opacity dan Width 

Setelah itu karena kita belajar dari awal teman-teman bisa pilih no 5 pencil dan untuk mengatur width 6  dan opacity full 100 % kita hanya sekedar mencontohkan pilihan nanti disesuaikan saja, lalu diatasnya ada gambar bulat seperti bulan dan berwarna banyak varian kalian bisa pilih warna hitam untuk menulis sebagai penggaris lalu kembali ke lembar kerja kalian tinggal tekan tombol di bawah saja. Nah setelah itu kita mulai untuk menggaris supaya mudah di perbesar saja gambarnya menggaris ini ada dua cara yang pertama menggunakan cara manual seperti yang kita pelajari di part 1 ini dan yang kedua dengan menggunakan penggaris materi selanjutnya.

7.  Cara Menghapus Garis Yang Salah

Jika teman-teman melakukan kesalahan jika yang digambar itu diluar gambar bisa kembali seperti tanda panah  pojok sebelah kiri atau bisa klik tombol penghapus dan kalau kita sudah menhapus jangan lupa untuk kembali ke tombol seperti pensi, mode penghapus itu ada di samping tombol kuas cat, ingat menggambarnya dengan sabar dan telitih karena ini adalah awal kalian menggambar kalaupun salah bisa di hapus dan ingat jangan pernah menyerah sebelum gambar itu sesuai apa yang kalian inginkan.

8. Merasa lelah

Satu jam kemudian jika gambar kalian tidak selesai juga jangan khawatir kalian bisa lanjut nanti lagi atau malam nanti nunggu wkatu luang, sebelumnya gambar yang belum jadi tadi kalian bisa save terlebih dahulu bisa dilanjutkan lagi setelah tidak sibuk. Namun jika kalian langsung selesai kalian hebat, selanjutnya ketika sudah selesai menggambar kita kembali ke layar matikan gambar yang asli caranya ada gambar mata di pinggir layer 2 klik saja gambar mata tersebut maka layer 2 akan di nonaktifkan. Kembali ke lembar kerja maka dia akan terlihat seperti kartun yang kita gambar tadi.

9. Memasukan warna 

 Caranya kita kembali ke layer klik tombol + lalu pilih color layer yang paling atas kita klik nah disana akan menambah layer 3 sebagai layer warna layer 3 ini harus dibawah layer 1 atau layer garis, seperti tadi untuk menurunkan nya klik tombol panah yang mengarahkan ke bawah maka layer 3 sudah berada di bawah layer 1 ingat jangan lupa coursornya harus berada di layer 3 karena kita ingin mewarnai, ini yang sering banget terlupakan jika salah coursor maka kita tidak akan menemukan warnanya. lalu untuk memasukan gambar klik matanya gambar layer 2 tadi gambar yang asli lalu kalian klik warna yang ada di gambar tersebut untk menyesuaikan di gambar yang kita garis kembali ke lembar kerja klik tombol yang berada di samping pencil lalu kita klik di bagian warna yang ingin kita warnai ketuk di jilbabnya lanjut no 10.

10. Gambar Cat tumpah di atas

Lalu klik gambar cat tumpah letak tombolnya di atas di situ ada kalimat Expand kita ubah menjadi 1 px sudah kita kembali duluh ke layer asli tadi kita matikan duluh layer 2 tadi setelah itu kembali ke layer warna tadi dan lanjut saja kita klik bagian jilbab tadi yang ingin kita warnai selanjutnya untuk menambahkan warnanya seperti itu terus diulang-ulang ya semoga bermanfaat.


Lebih dan kurangnya saya mohon maaf teman-teman karena saya hanya insan biasa yang tak luput dari kesalahan, buat kalian yang ingin menggambar semangat semoga berhasil. Insyaallah akan ada materi kedua ya teman-teman. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian.

 Jangan lupa follow ig saya teman-teman  Reti Suryani 


#odopicc 

#30hbcicc#indonesiancontentcreator #30haribercerita #odopiccday3

@indonesiancontentcreator

@mubadalah.id

@bonnels.id



3 komentar

  1. Wah mantap kak Reti
    Ijin belajar ya kak
    Semoga jd ladang ibadah buat kakak... Amin

    BalasHapus
  2. Mantap mbkk, ilmunya sangat bermanfaat. Terimakasih mbkk

    BalasHapus

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia