Powered By Blogger

Kebaikan yang tak ada habisnya

Pixabay 

Level kebaikan itu ada banyak macamnya 

Ada yang baik karena ada maunya, ada yang baik karena rasa tidak enak ibarat membalas kebaikan seseorang tersebut, ada juga yang murni benar-benar baik dari hati dan sifatnya yang lembut. Ada juga yang bersikap baik tapi tingkah lakunya kasar. Ada juga yang baik karena sikap dari teman yang menular karena kebaikannya. 

Bismillah ___

Seseorang yang melakukan kebaikan tidak ada satupun kebaikan yang terlewati, Meski suatu hari nanti akan kau temukan bahwa tidak semua kebaikan akan berbalas baik dari orang tersebut. Jika hal itu terjadi padamu tidak perlu menyalakan kebaikan yang engkau gunakan sebab tidak ada yang salah dalam melakukan kebaikan. Ibarat menanam sayuran ada yang tumbuh dan menghasilkan uang, ada yang tumbuh hanya untuk sekedar dimakan saja. 

Sesuatu itu perlu dirawat agar menghasilkan walaupun tidak seperti yang kita inginkan setidaknya kita sudah merawatnya dengan baik sama halnya seperti hati, lakukan kebaikan terus-menerus agar hati kita tetap bersih. Jadi setiap kebaikan yang kita tebarkan tidak perlu meminta balasan, karena akan ada balasan yang lebih besar dari Allah SWT.  Asal kita yakin dan percaya.

Level kebaikan pertama 

Membantu ketika teman butuh bantuan kita, ini hal yang sangat lumrah. Semua teman mungkin akan meluangkan waktu untuk membantu, namun demikian masih banyak embel-embel kenapa harus membantu. Yang sering terjadi ketika seseorang membantu temannya ( mungkin suatu hari ketika aku butuh bantuan dia juga akan membantu). 

Dengan senang hati dan sekuat tenaga membantu teman dari tahap awal hingga selesai.  Namun bagaimana jika hal tersebut terjadi ketika kalian perlu bantuan tapi tidak ada yang merespon termasuk teman yang dibantu selama ini?.

Pasti kalian akan mengomel dan mengomentari sampai habis pahala hehe padahal malaikat sudah mencatatkan semua kebaikan yang anda berikan dengan ikhlas. Ini adalah level kebaikan yang pertama. Kalian sudah sampai tahap mana ? 

Level kebaikan kedua 

Tingkah lakunya yang kasar namun hatinya sangat baik dan lembut, wah gimana ceritanya ya? Kalian tentu pernah dengar yang begini kan, orangnya yang keras tapi hatinya sangat baik dan lembut, ada juga yang terlihat sangat cuek, tapi sebenarnya sangat baik. Jadi kalau sudah begini bagaimana bisa kalian langsung menilai dengan sekali lihat saja.






Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia