Sohibul Qur'an

 Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh

hay apa kabar sahabat blogger yang di cintai allah swt , dan saya mengucapkan selamat pagi dan selamat beraktivitas yah, semoga hari ini menyenangkan dan jangan lupa ni jaga shalat lima waktunya biar aktivitas kita semua berjalan dengan lancar aamiin.
Disini saya sangat hobi menulis walaupun saya baru bergabung di dunia sang penulis ini,dan disisi lain saya juga suka atau bahasa lainnya sangat hobby hehe yaitu  menghafal . saya tahu diantara teman - teman semua pasti ada yang hobby nya sama seperti saya dan cara menghafal seseorang itu sangat berbeda - beda , dan bermacam - macam taktik cara menjaga hafalannya . Tapi disini saya punya tips - tips cara menghafal al - qur'an yang sangat menarik hehe santai dengan kesibukan kita masing - masing kita bisa menghafal Al - quran berikut di bawah ini cara - cara menghafal.

"Langkah Mudah Menghafal Al - qur'an"
 
1. Niat dan Ikhlas
Niat adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu tindakan.
"Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa   yang ia niatkan " (HR Bukhari dan Muslim)
selanjutnya tentang ikhlas , ikhlas jika nanti kita tidak hafal - hafal ayat al - qur'annya. Dan harus murojaah setiap hari,.

2.Mampu menghafal ayat dengan nomor ayatnya
Kenapa saya memilih menghafal ayat dan nomornya sehingga itu memudahkan mengembalikan ingatan kita . Sehingga nanti ketika kita murojaah bareng dengan teman - teman kita ,maka kita akan ingat nomor dan ayatnya secara tidak langsung kita langsung menyebutnya walau kadang - kadang agak sedikit ragu, nah nanti kita akan terbiasa ni teman - teman menghafal dengan nomor ayatnya . Itu adalah cara ternyaman bagi saya saat menghafal al - qur'an . Selain dari menyenangkan teman - tyeman juga dapat pahala loh.

3.Mendengarkan Auidio atau Menonton Vidio di Youtub
ini adalah cara kita memperbaiki bacaan dan memperindah suara kita , ada juga yang bilang ketika makhrijul hurup dan tajwid , serta panjang pendeknya itu benar saat membaca al - quran maka nanti suara kita akan berbentuk sendiri . Yah walaupun tidak merdu - merdu amat sih seperti mereka yang tilawah. Tapi setidaknya ketika kita membaca al - quran suara kita merinding ketika di dengar , indah suara itu karna bagus bacaannya ya , bukan salah pengertian . Maka dari itu pentingnya kita mendengar audio ketika kesibukan dunia berlangsung secara nyata dan kita juga mempersiapkan diri untuk menghadap ilahi .

4.Murojaah Setiap Hari
Murojaah ini mengajarkan kita bagaimana cara memejemen waktu sehingga kita tidak lalai dengan urusan dunia saja. Tapi kita juga sibuk memperbaiki diri, dan kembali keniat awal kita yaitu menjadi para penghafal al - quran dan menjadi keluarganya allah swt. Nah kita bisa mengatur waktu untuk murojaah setiap hari walaupun dengan kesibukan , dan bisa dikatakan kita orangnya super sibuk.
 saya memilih murojaah saat shalat lima waktu, tentu ketika azan dikumandangkan maka semua aktivitas yang kita kerjakan kita tinggalkan bukan ? dan langsung melaksanakan shalat lima waktu . Dan setelah selesai shalat saya langsung mengambil al - quran saya dan saya memilih murojaah 2 lembar , dan setiap selesai shalat lima waktu saya  melakukan hal yang sama murojaah 2 lembar . Dan akan terhitung dalam sehari saya murojaah 10 lembar . Ini berlaku ketika aktivitas saya sangat fulday .Namun ketika hari libur saya sangat meluangkan waktu saya untuk menghafal dan murojaah.

5.Waktu Yang Dipilih Untuk Menghafal al - quran
1. Saat jam 03:00 (shalat malam) - menjelang subuh
2.Selesai shalat subuh - menjelang shalat dhuha
3.Selesai shalat ashar - menjelang sahalat magrib
4.sebelum tidur habis shalat isya
Saya seringkali memilih yang nomor satu karna selain dari keheningan malam , hafalan kita juga mudah di ingat nih.dan cara saya menghafal yaitu saya tidak akan menghafal lembaran selanjutnya ,



saat saya belum hafal lembaran pertama.dan saya juga punya taktik , saya akan sering membaca ayat yg mau saya hafal bisa dikatakan ini adalah murojaah , sama halnya kita mempersiapkan makalah kita yang akan di persentasikan .''Lancar kaji karna di ulang".
6.Menghafal alquran tidak memandang umur.
Banyak dari kalangan ibu - ibu dan bapak - bapak yang mengatakan'' jika kita sudah tua, maka daya ingat kita melemah''.sebenarnya ini adalah keyakinan yang salah. Buktinya adalah realitas nyata bahwa para syaikh dan ulama kita - sebagian mereka menginjak usia 80 dan 90- an  memiliki daya ingat yang kuat. Masyaallah. Mereka mendiktekan kitab - kitab hadisth shahih dan kitab - kitab induk dari hafalan mereka, tanpa merujuk ke salah satu kitab pun.Ironis ketika kita sudah berusia senja, kekhawatiran dan kegundahan kita semakin bertambah, dan kita sering berfikir tentang sesuap makanan, masa depan anak – anak, lahan sawah, pinjaman, dan rumah. Inilah sebab yang sebenarnya  dibalik perkataan , “jika manusia sudah tua , daya ingatnya melemah.
Dari sela – sela pengamatan saya dalam seminar menghafal alquran, saya hamper yakin bahwa orang dewasa yang sudah tua bisa mengalahkan anak  - anak dalam hal kecepatan menghafal, dan memang benar demikian. Ini dikarenakan kecintaan menggebuh untuk menghafal al – quran, sesuatu yang mungkin tidak ada pada anak – anak kecil.
7. Siap Menjaga dan Jangan kebanyakan Maksiat
1.Menjaga pandangan terhadap yang bukan mahrom kita
2.Menjaga lisan saat berbicara
3.Tidak bercampur baur antara laki - laki dan perempuan
4.Menjaga sikap selayaknya yang ada di dalam al - quran


Ini saja yang dapat saya tulis kurang lebihnya saya mohon maaf semoga bermanfaat bagi aktivis - aktivis masa depan semoga kita semua termasuk orang – orang yang menanamkan kerinduan, kecintaan, dan keinginan yang menyala – nyala untuk menghafal al – quran aammiin .Jika kita tahu apa tujuan hidup kita sebenarnya maka kita akan berlomba – lomba menghafal al – qur’an. dan terimaksi juga buat kalian yang udah mampir keblog saya .
“Seperti biasa jika ingin sering sama saya segera hubungi”
Fb:ummi qulsum
Ig:retisuryani
Twiter:Retisuryani93@gamil.com
Wa:085208585804
Waassalammulaykum warohmatullahi wabarokatuh.






























 

   
   

Tidak ada komentar