Bercerita Tentang Ramadhan

Tradisi Saling Bermaafan Sebelum Akan Menjalankan Ibadah Puasa
Tahun lalu di Asrama Rusunawa Siti Walidah

Tepat pada tanggal 24-april-2020 kita kedatangan bulan suci ramadhan yaitu bulan yang penuh kemuliaan yang mana ketika kita melakukan kebaikan, pahala akan allah lipatgandakan, dan kesempatan ini jangan sampai terlewatkan.

Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Dengan segala kerendahan hati , kami sekeluarga menghaturkan maaf bilamana terdapat kesalahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1441 H
Semoga kita semua diberi kekuatan dan kesehatan lahir bathin , Istiqomah dalam menjalankan Ibadah puasa Ramadhan serta senantiasa dalam Lindungan dan Ridho Allah SWT Aamiin YRA.

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan yang penuh kemuliaan yang mana ketika kita melakukan kebaikan pada bulan suci ini. Sehari sebelum  memasuki bulan Ramadhan 24-april-2020 Hp ku telah terpenuhi seperti kalimat diatas tanda maaf karena akan beribadah dibulan suci  ramadhan.

Wajib, bagi umat muslim untuk saling bermaaf-maafan, walaupun dilakukan via wa, dan media sosial lainnya jangan lupa ditanggapin ya karena kita sama-sama manusia pendosa dan memiliki banyak kehilafan.

Memaafkan merupakan sikap mulia yang amat dianjurkan dalam agama Islam. Seberat atau sepedih apapun manusia mengalami dampak akibat kesalahan yang dilakukan orang lain, tetap saja Allah memerintahkan setiap hamba untuk melapangkan dada terhadap kesalahan sesama. Allah saja yang menciptakan langit beserta isinya maha pemaaf lalu, bagaimana dengan kita ?

"Sesungguhnya Allah telah memaafkan ummatku yang berbuat salah karena tidak sengaja, atau karena lupa, atau karena dipaksa" ( HR Ibnu Majah, 1675, Al Baihaqi, 7/356, Ibnu Hazm dalam Al Muhalla, 4/4, di shahihkan Al Albani dalam Shahi Ibni Majah)

Menyambut Ramadhan haruslah dengan hati yang tenang karena telah saling memaafkan, dan walaupun sama-sama kita ketahui bahwa pada bulan suci kali ini banyak hal yang harus dibatasi belum bisa teraweh berjamaah dimasjid, bukber, dan aktivitas keluar juga terbatas. Demi memutuskan tali Pandemi Covid-19 ini, ikuti saja peraturan pemerintah kita semua sama-sama  ingin yang terbaik.

Welcome Bulan Suci Ramadhan semoga ibadah kita semakin meningkat pada Ramadhan kali ini, jangan sia-siakan kesempatan ini. Dan jangan lupa tetap teraweh dirumah, tadarus , perbanyak  sedekah,  dan banyak hal lainnya yang menuntun untuk berbuat kebaikan.

Meminta maaf dan memaafkan tidak mesti dibulan suci ini tapi pada bulan-bulan berikutnya lebih baik jika dilakukan, hendaknya menjadi kesadaran bersama bahwa setiap kejadian dimuka bumi ini telah ditakdirkan oleh Allah SWT. Setiap peristiwa di dunia ini merupakan ketetapan dari Allah SWT yang tak seorang pun bisa menolaknya. Maka dari itu, seperih dan seberat apapun kejadian yang menimpa jadikan sebagai pembelajaran, karena dibalik semua kejadian di muka bumi ini pasti ada hikmah yang bisa kita ambil sebagai pembelajaran.

Salam maaf dari saya pemilik blog www.retisuryani.com

1 komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia