Kasih Sayang


Segala hal yang berbentuk positif atau nasehat yang kita dapatkan dari siapapun itu adalah bentuk kasih sayang. Terkadang kita perlu pelajaran untuk memahami kasih sayang tersebut agar tidak salah mengartikan niat baik seseorang. 

Kasih sayang bukan berupa pujian setiap hari, disanjung setiap hari, akan tetapi harus belajar seumur hidup dalam konteks positif. Kasih sayang itu kita dapatkan bukan hanya semua keinginan harus terpenuhi, tetapi bagaimana kita menerima segala yang ada dengan berlapang dada.

Salah satu hal yang belum pernah aku temui adalah bentuk kasih sayang dari keluarga yang sifatnya dingin. 


Waktu masa-masa SMP aku selalu dimarahi, selalu salah itu yang ada di benak ku saat itu. 


Dan sempat berpikir bahwa mereka tidak memiliki kasih sayang untukku. Pikiran ku waktu itu masih pendek sekali, aku berharap hidup bebas dan bisa menikmatinya sesuka hati agar tidak mengikuti bermacam peraturan yang ada.


Dari hal yang pernah aku alami bentuk kasih sayang yang paling besar itu terkadang tidak terjadi pada anak-anak yang selalu ingin di manja. Kadang kita di bentuk dengan peraturan supaya belajar menangani waktu. 


Supaya terbiasa, supaya tidak memalukan saat berkumpul dengan teman-teman yang lainnya. Bukan kah hidup di ajarkan sedikit keras untuk mendapatkan yang lebih maksimal.


Ibu pernah berkata saat iya memasuki aku ke dalam pondok pesantren " Bukan tidak sayang sama anak, tapi ini tempat yang paling baik untuk pertumbuhan nya dan aku telah memilih masa depan yang cerah untuk nya suatu hari dia akan mengerti".


Waktu itu ibu bicara pada saudaranya tak lain adalah bibik ku sendiri. Semakin kesini aku sadar bahwa yang ibu katakan duluh adalah bentuk kasih sayang yang paling besar. 


Menempuh perjalanan dalam pendidikan tidaklah mudah, harus ada air mata yang dikorbankan. Namun kasih sayang terbesar orangtua pada anak-anak nya adalah ketika mereka mengajarkan untuk hidup disiplin dan tahu agama, berpendidikan.


Tantangan yang diberikan adalah hal positif yang harus kita lewati supaya lebih kuat.


Inilah bentuk kasih sayang yang paling tinggi dari orangtua.



#odopicc #30hbcicc #indonesiancontentcreator #30haribercerita #odopiccday17

@indonesiancontentcreator

@mubadalah.id

@bonnels.id


Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia