Lebaran di Markazarabiyah

 

DOKUMENTASI SANTRI MARKAZARABIYAH

Melewati Pandemi berhari-hari bukanlah hal yang menyenangkan sehingga banyak dari pada masyarakat yang dilarang mudik untuk berjumpa maupun traveling kemana-mana  bahkan pendidikan harus di lakukan melalui online. 

Sedih sekali rasanya apabila pandemi ini terus berlanjut banyak masyarakat yang kelaparan, Pendidikan kadang tidak produktif karena tempat yang tidak estetik seperti siswa-siswi harus belajar dari  rumah dengan sinyal yang tidak memungkinkan sehingga menyebabkan kurang bertambah ilmu pengetahuan.

Ada banyak berita yang menyedihkan seketika pandemi berlanjut seperti kehilangan pekerjaan, siswa harus belajar dirumah, dan bahkan kadang orangtua juga ikut disibukkan dengan tugas harian siswa-siswa, pertanyaan nya bagaimana jika orang tua harus bekerja karena ekonomi yang mendesak dan tidak ada waktu untuk menemani anak-anak belajar sedangkan belajar harus ketempat yang ada sinyal.

 Maka dari itu banyak pelajaran sekarang yang tidak produktif. Jangan sampai  masa depan anak mudah di habiskan oleh Pandemi, semoga pandemi cepat berlalu yok selama masa Pandemi kerjakan yang produktif,berkarya dari rumah, walaupun mau keluar rumah harus menggunakan protokol kesehatan jangan sampai lupa. 

Karena Pandemi belum usai banyak dari kalangan santri yang tidak pulang, harus menunda untuk lebaran di kampung halaman, menunda juga lebaran bersama orangtua, terkesan sangat sedih tapi ini adalah perjuangan harus saling menjaga kesehatan dan mengikuti peraturan pemerintah.  Jadi kali ini adalah yang pertama lebaran di pulau jawa dan bertempat di Markazarabiyah. 

Lebaran Idul Adha

Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar

Momen hari raya idul adha adalah ibadah yang patut kita rayakan satu satu tahun sekali. Oleh karena itu kita menganjurkan melalui tulisan  ini mari kita menjalankan ibadah dengan menggunakan protokol kesehatan.

Ibadah kurban adalah suatu ibadah hukumnya sunnah muakad yang sangat di anjurkan oleh Allah SWT. 

Ibadah kurban adalah sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT bahwa kita sudah diberikan kenikmatan yang sangat besar dan tidak dapat dihitung, semua anugerah yang allah berikan kepada Kita.

Ibadah haji pada tahun ini harus bersabar dan terus untuk bersabar sampai kita benar-benar diizinkan oleh Allah SWT untuk berangkat ibadah haji dirumahnya. 

Kita butuh kesabaran yang luar biasa, mental kekuatan fisik, itu semua di latih dengan kesabaran mendidik kita untuk menjadi orang yang beruntung karena termasuk orang-orang yang bersabar.

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal. Ibadah kurban akan bermakna bagi masyarakat ekonomi yang lemah, banyak masyarakat kita yang tidak bisa melanjutkan kan kehidupan seperti biasa karena kehilangan pekerjaan, kenikmatan yang kita rasakan tidak akan berkurang sedikit pun ketika harus berbagi ke sesama manusia.

Manusia tidak perlu khawatir karena nikmat dari Allah SWT sangat lah banyak tidak dapat di hitung. 

Allah SWT berfirman : sesungguhnya nya rahmat allah dekat dengan orang-orang yang melakukan kebaikan. 

Berkurban bagi yang mampu bagi yang tidak mampu mari melihat tetangga karena banyak dari masyarakat kita yang tidak mampu, dan banyak yang sakit tidak punya pemasukan, kita yang harus peduli. 

Jika ada tetangga yang meninggal karena kelaparan kita yang menanggung dosanya di hadapan Allah SWT.

Barang siapa yang mempunyai keluasan rezeki namun ia tidak mau berbagi maka jangan dekati shalat kami.

 Hikmah dari pandemi ini

1.Semakin dekat dengan Allah SWT

2. Semakin dekat dengan manusia

Walaupun lebaran kali ini sangat berbeda tapi tetap bersyukur juga karena semua santri-santri dan ustadz ustazah di Markaz- Arabiyah masih diberi kesempatan untuk melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah di Masjid tidak lupa selalu menerapkan protokol kesehatan tetap menjaga jarak.

Setelah itu tentunya ada acara sesi foto-foto bersama antar asrama, ada yang dokumentasi dan malam hari ada acara yang menyenangkan yakni bakar-bakar sate bersama teman-teman masing-masing asrama sudah ada bagian untuk memasak sate hehe. 

Kebersamaan adalah hal yang paling menyenangkan jika dilakukan walaupun kita tahu bahwa kondisi saat ini sedang tidak baik-baik saja. Teman-teman sangat kompak dan saling mengerti satu sama lain saling memotivasi, menguatkan, dan saling membantu.

Tentu nya hari lebaran adalah hari libur dong hehe jadi lumayan bahagia hihi maklum peraturan disini sangat disiplin jadi hari libur itu sangat di manfaatkan. 

Sekolah berlangsung dengan menggunakan masker dan selalu menjaga jarak. Karena menjaga jarak sangat penting untuk saat ini kita harus kuat dan sabar. Berdoa semoga Pandemi segera berakhir aamiin.

Sehingga dunia menjadi berwarna dan waktu tidak habis dengan rebahan saja. Namun ada banyak hal yang membuat hari hari kita bisa produktif seperti belajar hal yang baru dengan menulis, editor, mendesain, itu adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi yang menyukainya.

Dari pada rebahan setiap hari lebih baik gunakan harimu di rumah dengan produktif untuk belajar apa saja. 

Salam hangat santri Markaz-Arabiyah





Tidak ada komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia