Powered By Blogger

Inilah 5 Manfaat Belajar Bahasa Arab


Sumber foto canva

Sebelumnya mempelajari bahasa asing banyak sekali diminati oleh orang-orang apalagi belajar bahasa asing mengkaitkan dengan pekerjaan begitu juga dengan Pendidikan. Namun menurut ku bahasa itu adalah kebutuhan.

Kita tentu sudah mengetahui belajar bahasa asing juga memiliki kebutuhan dan manfaatnya masing-masing salah satu contoh nya di perkuliahan mewajibkan kita semua untuk mengikuti tes TOEFL Bahasa Inggris maupun bahasa Arab.

Jadi secara umum nya mau tidak mau kita harus menguasai bahasa asing. Namun kali ini kita akan membahas Manfaat dari pada belajar Bahasa Arab !

Banyak yang mengira bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang cukup sulit untuk dikuasai. Namun, sulit bukan berarti tidak bisa kan? Jika kita berusaha, semua orang juga akan menguasai jika ingin belajar. Akan tetapi harus sabar dan perbaiki niat belajar bahasa Arab.

Langsung saja ya ada beberapa manfaat dalam belajar bahasa Arab yang harus kalian ketahui.

5 Manfaat Belajar Bahasa Arab

1. Membaca dan mempelajari Al- Qur'an

Merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi manusia, naha salah satu keutamaan bahasa Arab adalah karena bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur'an. Keistimewaan bahasa Arab Dalam Firman Allah SWT pada surat Az Zumar:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّا سِ فِيْ هٰذَا الْقُرْاٰ نِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ 

قُرْاٰ نًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِيْ عِوَجٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَّقُوْ

"Dan sungguh, telah Kami buatkan dalam Al-Qur'an ini segala macam perumpamaan bagi manusia agar mereka mendapatkan pelajaran. (Yaitu) Al-Qur'an dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa."(QS. Az-Zumar 39: 27- 28)

Sumber ayat Al -Qur'an Dikutip dari "Via Al-Qur'an Indonesia https://quran-id.com"

Hal ini cukup kuat untuk menjadi alasan mengapa harus diwajibkan mempelajari bahasa Arab. 

2. Lebih mempermudah dalam memahami Al-Qur'an

Dengan menguasai bahasa Arab, kita akan lebih mudah dalam menghafalkan Al-Qur'an Serta memahami isi dari Al-Qur'an tersebut. Dengan mempelajari bahasa Arab kita juga dapat memahami islam sebaik- baiknya melalui Al-Qur'an. 

3. Mempermudah memahami ajaran Islam

 Seseorang yang paham bahasa Arab akan lebih mudah dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan tentang ajaran Islam, ditambah dengan memahami kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan sangat membantu untuk memahami ajaran islam. Apalagi jika kita sebagai Motivator Islami, Pendakwah, serta yang ingin menjadi Guru Pendidikan Agama Islam tentu lebih sangat dianjurkan untuk mempelajari bahasa Arab tersebut agar saat kita menyampaikan ataupun memberikan pemahaman agama pada peserta didik, tidak kesulitan mencari sumber pemahaman ilmu agama yang benar. Untuk itu belajar bahasa Arab sangat dianjurkan.

4. Memudahkan kita menggali ilmu dari ulama

Seseorang yang mahir berbahasa Arab akan sangat memudahkan menggali ilmu dari ulama baik dari membaca berbagai macam karya ulama maupun belajar secara langsung. Merupakan suatu keistimewaan sekali apabila berkesempatan belajar langsung dengan ulama. Banyak sekali keistimewaan belajar bahasa Arab.

5. Bahasa Arab menentramkan jiwa

Masyaallah Bahasa Arab adalah bahasa yang lembut dan lebih menyejukkan hati serta menentramkan jiwa, karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia.

Mempelajari bahasa Arab adalah bahasa yang paling luas "kosa katanya", dan yang paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, bahasa Arab juga merupakan bahasa dari Al-Qur'an. 





 



1 komentar

Reti suryani

Reti suryani
Muslimah untuk Indonesia